SPESIAL: 10 Momen Terbaik Alessandro 'Il Pinturicchio' Del Piero


VenBi, KabarSepakbola; 9 November kemarin merupakan hari ulang tahun salah satu legenda hidup Juventus, Alessandro Del Piero.

Pemain yang akrab disapa 'Ale' ini genap berusia 38 tahun.

Del Piero merupakan salah satu ikon terkenal sepakbola Italia dan dunia. Berbagai prestasi, baik secara individu maupun dalam tingkat klub dan timnas, telah ia raih selama berkarir di sepakbola.


Meskipun musim lalu pemain berjuluk 'Il Pinturicchio' ini sukses membantu Juventus menyabet scudetto (dengan rekor tidak pernah kalah dalam 1 musim kompetisi) pertama mereka pasca kasus calciopoli di tahun 2006, namun pihak manajemen klub memilih untuk tidak memperpanjang kontrak Del Piero.

Walau begitu, pemain yang saat ini bermain untuk FC Sydney di A-League akan selalu mendapattempat spesial di hari Juventini dan Juvedona di seluruh penjuru dunia.


Berikut ini 10 momen terbaik dalam karir sepakbola Del Piero.

Buon Compleanno, King Alex!

- 1996, Juventus vs Ajax Amsterdam (Final Liga Champions Eropa 1995/96)

Ini merupakan debut Del Piero di partai puncak Liga Champions Eropa. Del Piero pun membuat catatan manis dengan sukses membawa trofi ke Turin. Total Del Piero telah tampil sebanyak empat kali di partai final Liga Champions Eropa.

- 1998, Juventus vs AS Moncao (Semifinal Liga Champions Eropa 1997/98)

Del Piero mencetak hat-trick dalam pertandingan ini. Bahkan salah satu golnya (gol volley) masuk dalam daftar 50 gol terbaik sepanjang sejarah Liga Champions Eropa.

- 2000, Prancis vs Italia (Final Piala Eropa 2000)

Pertandingan ini tidak akan pernah dilupakan oleh King Alex, pasalnya dua peluang emasnya gagal berbuah gol. Italia pun harus puas berada di posisi runner-up setelah kalah di babak extra-time lewat golden goal Trezeguet.

- 2001, Italia vs Hungaria (Kualifikasi Piala Dunia 2002)

Del Piero membuat gol spektakuler melalui tendangan bebas saat timnas Italia meladeni Hungaria pada lanjutan pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2002 lalu. Gol Del Piero tersebut berhasil mengantarkan Italia lolos ke putaran final Piala Dunia 2002.

- 2002, Udinese vs Juventus (Serie A 2001/02)

Di musim 2001/02 Juventus berhasil merengkuh gelar scudetto mereka berkat sepasang gol Del Piero ke gawang Udinese.

- 2002, Italia vs Meksiko (Piala Dunia 2002)

Pada laga ini Del Piero memulai pertandingan dari bench bangku cadangan. Masuk sebagai pemain pengganti di menit ke-78, Del Piero sukses mencetak gol penyeimbang satu menit kemudian. Gol ini pun membawa Italia lolos ke fase knock-out turnamen bergengsi tersebut.

- 2003, Juventus vs Real Madrid (Semifinal Liga Champions Eropa 2002/03)

Juventus kalah 2-1 di leg pertama semifinal Liga Champions musim 2002/03. Namun Bianconeri akhirnya sukses membalikkan keadaan dan menenggelamkan Real Madrid dengan skor 3-1 di Turin lewat penampilan gemilang tridente mereka: Del Piero, Pavel Nedved, dan David Trezeguet. Juve pun melenggang ke babak final.

- 2006, Jerman vs Italia (Semifinal Piala Dunia 2006)

Di partai semifinal Piala Dunia 2006 menghadapi Jerman, Del Piero berhasil mencetak gol krusial di babak extra-time dan mengantarkan Italia melaju ke babak final Piala Dunia 2006. Di final, Italia berhasil menghempaskan Prancis melalui drama adu-penalti dan menjadi juara untuk keempat kalinya.

- 2012, Juventus vs Napoli (Final Coppa Italia 2011/12)

Ini merupakan pertandingan terakhir Del Piero mengenakan seragam sekaligus ban kapten Juventus. Lebih dari 70.000 Juventini dan Juvedona hadir memberikan apresiasi untuk sang maestro Del Piero. Namun sayang, Ale gagal membawa Juve meraih trofi Coppa Italia.

- 2012, FC Sydney vs Newcastle Jets (A-League 2012/13)

Dalam pertandingan ini, Ale mencetak gol debutnya di A-League bersama FC Sydney melalui tendangan bebas yang indah. Ini membuktikan bahwa Del Piero belumlah habis dan akan selalu menjadi ikon sepakbola dunia.
SPESIAL: 10 Momen Terbaik Alessandro 'Il Pinturicchio' Del Piero SPESIAL: 10 Momen Terbaik Alessandro 'Il Pinturicchio' Del Piero Reviewed by Akira on 8:02 AM Rating: 5
Powered by Blogger.